Ribuan Warga Ikut Shalat Idul Adha Bersama Bupati Anne

oleh -111 Dilihat

PURWAKARTA, garisjabar.com- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah dan ribuan warga di Maya Datar Komplek Pemkab Purwakarta, Kamis (29/6/2023).

Namun warga untuk shalat bersama Bupati Anne begitu besar. Warga mulai berbondong-bondong tiba di mesjid Agung Baing Yusuf.

Seiring hari yang kian terang, jumlah orang yang datang pun terus bertambah.

Tak hanya Bupati Anne, sejumlah unsur forkopimda serta pejabat daerah di lingkungan Pemda pun terlihat melaksanakan shalat berjamaah di lokasi tersebut.

Selain itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, seperti tahun sebelumnya kembali melaksanakan Qurban sapi yang disebar di sejumlah titik baik Kecamatan, Desa serta Kelurahan.

Bupati Anne menyampaikan, yang beriringan dengan peringatan hari jadi Purwakarta ke 192 dan hari jadi Kabupaten Purwakarta yang ke-55 tahun, dalam rangka membangun kepedulian sosial di kalangan aparatur sipil negara Pemda Kabupaten Purwakarta.

Sementara tahun ini dari ASN Pemda Kabupaten Purwakarta melaksanakan qurban sebanyak 178 ekor sapi dan 390 ekor domba atau kambing yang tersebar di setiap perangkat daerah dan Kecamatan.

“Nanti akan didistribusikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Dan mudah-mudahan berkah ibadah Idul Adha tahun ini insya Allah kita akan masuk pada golongan orang-orang yang berikhtiar menuju pada peningkatan ketaqwaan solidaritas sosial dan kualitas diri dengan senantiasa mengharap keridhoan Allah SWT,”kata Bupati Anne.

Menurut Bupati Anne, momentum Idul Qurban hal ini, mengingatkan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang paling besar dalam sejarah umat manusia. Namun hari ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar tahan ujian dan tegar dalam menghadapi cobaan kehidupan.

Bupati Anne mengatakan, agar menjadi perhatian bersama untuk mewujudkan gotong royong dalam menciptakan masyarakat yang rukun dan damai dalam bingkai kebangsaan.

Menurutnya, insya allah dengan niat baik ini, mudah-mudahan kita semua termasuk kepada golongan orang-orang shaleh dan menjadi gambaran sempurna bagi kita semua, dimana manifestasi cinta yang menuntut suatu pengorbanan didasarkan pada kebenaran ilahi sebagai suatu kebenaran yang mutlak dan berlaku sepanjang masa.

Tak hanya itu, dengan spirit ini kita harus bersedia berkorban membangun kepedulian sosial untuk kemajuan daerah. Kata Bupati Anne, pengorbanan kita pada tanah air harus didasarkan pada kebenaran yang menjadikan dasar hidup berbangsa dan bernegara itu sendiri.

“Karena itu, kita semua berharap dapat melahirkan pengorbanan untuk membangun kepedulian sosial antar sesama anak bangsa,”ungkap Anne.

Dalam kesempatannya, Bupati Anne Ratna Mustika menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Purwakarta mengingat Idul Adha 1444 sekarang merupakan Idul Adha yang terakhir menjabat sebagai Bupati Purwakarta.

Namun Ia menyadari sepenuhnya bahwa sebagai manusia tidak luput dari segala khilaf dan kesalahan selama mengemban tugas sebagai bupati Purwakarta.

”Ini adalah salat Idul Adha terakhir bagi saya menjabat sebagai bupati Purwakarta, dalam kesempatan yang baik ini izinkan saya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada bapak ibu seluruh masyarakat Kabupaten Purwakarta yang saya cintai dan saya banggakan,”ucap Bupati Anne. (Dni)