Anggaran Defisit Purwakarta Cukup Tinggi, Malah Pemborosan Gelar Musrembang di Hotel Berbintang

oleh -84 Dilihat

PURWAKARTA, garisjabar.com- Pengamat Kebijakan Publik Agus Yasin menyentil perangai jajaran pemerintah daerah yang kerap menggelar (Musrembang) di Plasa Hotel.

Agus Yasin menyebut kebiasaan itu merupakan pemborosan anggaran. Apalagi, rapat sedianya masih bisa dilaksanakan di kantor.

“Banyak melakukan rapat di hotel bahkan segala macam, apalagi di luar kota dikit,”kata Agus Yasin. Rabu (6/3/2024).

Tak hanya itu, kata Agus Yasin, jajaran pemerintah daerah gemar menggelar rapat di luar kantor supaya mendapat uang perjalanan dinas.

Padahal, uang yang dipakai untuk rapat di hotel tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain.

Agus Yasin pun mengatakan, sangat ironis dan tidak mencerminkan rasa keadilan sehingga bisa juga dikatakan melukai perasaan masyarakat. Di tengah kondisi defisit anggaran yang cukup tinggi, namun pelaksanaan Musrembang di hotel berbintang.

Apa sih maknanya ?

Padahal Pemda Purwakarta memiliki fasilitas yang layak untuk digunakan itu, apa hanya sekedar untuk menghabiskan anggaran yang sudah diprogramkan ?

Kata Agus Yasin, logisnya, anggaran seperti itu tidak perlu digunakan dan dialihkan untuk kepentingan menutupi tunda bayar APBD 2023.

Sebab, dilihat urgensinya hanya sekedar untuk musrembang sehingga tidak perlu bermewah-mewahan di tengah kesulitan masyarakat. Bahkan belum adanya kepastian hukum penyelesaian kewajiban ke pihak ketiga sampai saat ini.

Pemda Purwakarta semestinya mampu menjaga integritas, sehingga tidak menambah kekecewaan publik. (Rsd)