Sebanyak 352 Calon Haji Asal Purwakarta Menuju Embarkasi

oleh -1848 Dilihat

Garisjabar.com- Sebanyak 352 calon jamaah haji asal Kabupaten Purwakarta, diberangkatkan menuju Embarkasi Pondok Gede Bekasi, Jawa Barat. Rabu (29/5/2024).

Namun sebelum diterbangkan ke tanah suci. Pelepasan calon jamaah haji tersebut dilakukan di Tajug Gede Purwakarta.

Sebelumnya 352 calon jamaah haji tersebut dijemput menggunakan kendaraan dinas milik Pemkab Purwakarta dari masing-masing rumah calon haji menuju Tajug Gede Purwakarta.

Ade Sumarna salah seorang calon jamaah haji mengatakan, semua calon jemaah haji telah dijemput sehingga tidak perlu sewa kendaraan untuk keberangkatan dari rumah ke Tajug Gede dan ini langkah baik dari Pemkab Purwakarta.

Ia pun berangkat bersama istrinya setelah sebelas tahun menunggu,” Alhamdulillah setelah sebelas tahun menunggu akhirnya berangkat, terima kasih juga kepada Pemda Purwakarta yang telah melakukan penjemputan para calon jemaah haji dengan kendaraan dinas milik Pemkab,”Kata Ade Sumarna, di Tajug gede, pada hari Selasa (28/5/2024).

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Purwakarta, Rahmat Heriansyah menyebutkan Pemkab Purwakarta sejak tahun 2017 telah berupaya melayani para tamu dengan memfasilitasi penjemputan calon jemaah haji pada saat pemberangkatan.

Sehingga nanti saat kepulangan dengan menyiapkan kendaraan dinas atau kendaraan operasional.

“Kendaraan yang menjemput bapak ibu tadi merupakan kendaraan operasional Pemkab Purwakarta, kurang lebih 205 unit yang kami kerahkan. Ini komitmen Pemkab Purwakarta untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji,”ujar Rahmat.

Rahmat berharap calon jemaah haji agar mempersiapkan diri dalam baik fisik dan mental, karena ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke 5 berbeda dengan rukun Islam yang lain.

Selain itu, ibadah haji ini lebih menekankan syarat mampu secara fisik, mampu secara materil.

Kepala Kantor Kemenag Purwakarta Hanif Hanafi mengatakan, calon jemaah haji kloter 38 yang diberangkatkan hari ini adalah kloter gabungan dengan jumlah calon jemaah haji 440 orang yang terdiri dari asal Kabupaten Purwakarta.

“Sebanyak 352 orang calon haji dan 8 orang petugas haji, sisanya jemaah asal Kota Bekasi,”ucapnya. (Rsd)