Desa Sukajaya Purwakarta Tingkatkan SDM, Serta Dorong Dunia Pendidikan Berprestasi

oleh -447 Dilihat
Desa Sukajaya

Garisjabar.com- Desa Sukajaya akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk kemajuan ekonomi masyarakatnya di suatu wilayah, selain itu, juga akan mendorong pendidikan yang berprestasi ditingkat sekolah dasar.

Kades Sukajaya, Nirwan mengatakan, pendidikan menjadi hal penting untuk masyarakat di wilayah Desa Sukajaya. Namun, pendidikan dari mulai sejak sekolah dasar yang berprestasi akan di gratiskan.

Ia pun akan mengalokasi sebagian Dana Desa tahun 2025 untuk biaya pendidikan bagi anak yang berprestasi.

Nirwan sudah bekerjasama dengan pihak sekolah AL- Muhajirin, sehingga nantinya anak yang berprestasi akan masuk di sekolah tersebut.

“Jadi anak sejak mulai kelas 4,5 sampai 6 itu sudah terlihat berprestasinya,”kata Nirwan. Selasa (8/10/2024).

Menurutnya, program itu bertujuan selain untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi warga Desa dapat melahirkan para sarjana.

Kata Nirwan, program ini sudah di bahas melalui rapat kerja pemerintah desa (RKPdes), sehingga bagi anak yang tidak mampu nantinya akan kita bantu melalui program bantu langsung tunai (BLT) dan juga lainnya.

“Tujuannya kedepan, harapan kami agar dapat melahirkan para sarjana muda,”ujar Nirwan.

Selain untuk melahirkan para sarjana muda, Nirwan menyebutkan, bertujuan untuk menghidupkan Sumber daya manusia (SDM) bagi warga desa di wilayah Sukajaya khususnya.

“SDM warga desa Sukajaya lebih meningkat, rencananya kami akan mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) kelas empat, agar anak yang berprestasi dapat menempuh pendidikan disekolah,”ucap Nirwan. (Rsd)